WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 22 Maret 2011

PENGERTIAN DAN MANFAAT MULTIMEDIA

PENGERTIAN DAN MANFAAT MULTIMEDIA:


Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang
berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
text, audio, grafik, animasi, dan video.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,
1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif
yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.


Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai
dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer
mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah
kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software
Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry
Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative
Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Pemanfaatan multimedia sebagai media informasi perlu di dukung antara lain :


A. Secara internal:
1. Perusahaan atau lembaga membutuhkan media informasi
yang dapat menjangkau sasaran secara luas dan sekaligus dapat meningkatkan citra usaha secara efektif.
2. Perusahaan atau lembaga tersebut menyadari bahwa pesan yang akan disampaikan harus disusun secara rinci
dan sistematik, sesuai dengan visi, misi, maksud dan tujuannya yaitu antara lain :
a. Informasi usaha/ program, gagasan, produk, jasa atau perusahaan/ lembaga, agar masyarakat lebih merasa ‘dekat’ dengan institusi tersebut
b. Publikasi mengenai suatu pemikiran atau informasi strategis untuk disampaikan kepada masyarakat, untuk
mengajak partisipasi masyarakat terhadap pemikiran tersebut
c. Promosi atau kampanye dari suatu produk/ jasa/ gagasan dari perusahaan atau lembaga, agar masyarakat dapat
dengan mudah mengaksesnya. (tahu, mau dan mampu mengambil keputusan positif)
d. Peningkatan citra atau image dari perusahaan atau lembaga untuk menjaga kredibilitas dan bonafiditasnya.
3. Perusahaan atau lembaga tersebut telah mengetahui bahwa minimal ada 3 hal yang sangat menentukan ke
berhasilan perancangan multimedia yaitu:
a. Kehandalan sistem elektronika dan informatika, sehingga keberlangsungan program multimedia dapat dijalankan
secara kontinyu, apakah dalam proses pembuatannya, proses ‘up dating’, pentayangan, revisi, jaringan internal(LocalAreaNetwork) atau jaringan eksternal/ Internet (jaringan
luar dengan memiliki private provider/ portal sendiri atau bergabung dengan provider lainnya.
b. Kehandalan data base dari seluruh divisi sehingga di dalam pemanfaatannya secara internal, merupakan informasi untuk pengembangan diri secara sinergi dan terpadu. LAN (local area network) system dengan penampilan grafis yang menampilkan kenyamanan dan kemudahan, merupakan pemicu ketertiban (efisiensi) dan pemacu keunggulan (efektifitas) serta produktivitas kinerja seluruh staf.
c. Keistimewaan dan kreativitas tampilan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan loyalitas (dedikasi) dari seluruh staf, karena mereka dengan mudah dan penuh kenyamanan mendapatkan data serta informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan tertentu.
Selain itu keakuratan dan keunggulan olah grafis dapat menumbuhkan percaya diri dalam mengembangkan keputusan disetiap divisi/ bagian, serta dapat
berkoordinasi untuk penyelarasan pendapat. Olah elemen grafis secara optimal dapat memberikan dorongan
psikologis yang sangat besar baik untuk masyarakat internal maupun eksternal.
d. Adanya multimedia untuk jaringan lokal menumbuhkan efisiensi dan efektifitas usaha, karena kecepatan akses untuk mendapatkan data akan semakin mudah dan tanpa birokrasi yang berlebihan.

B. Secara Ekstenal :
1. Perusahaan atau lembaga tersebut sangat menyadari pentingnya media informasi dengan jangkauan skala nasional dan internasional, sehingga memerlukan penanganan dan dana cukup untuk hal tersebut.
2. Perusahaan atau lembaga sangat menyadari dampak yang ditimbulkan dari multi media antara lain :
a. Program media melalui CD-Rom
b. Program media melalui jaringan internal
c. program media melalui provider
(websites/homepage)
ketiganya memiliki dampak kepercayaan, peluang dll.
3. Perusahaan menyadari bahwa saat ini kita memiliki peluang dan kesempatan yang sama dengan perusahaan asing
/ domestik lainnya, karena kehandalan teknologi dalam akses langsung sasarannya.
Seperti diketahui, bahwa komputer dan multimedia hanyalah sebagai media saja, dan yang paling penting :
Bagaimana pemikiran konsep isi materi multimedia, pendekatan dan pengolahan kreatifitas tampilannya? Jaringan dan teknis dukungan soft ware dan hardware serta proses dan tata kerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar